Saturday, April 03, 2010

Hachiko

Beberapa hari yang lalu aku nonton Hachiko : A Dog's Story. Deuwww.. itu film ngingetin aku banget sama doggie aku yang hampir 3 taun lalu meninggal :(



Film ini berdasarkan kisah nyata dari Jepang yang udah dibuat filmnya juga di Jepang dengan judul Hachiko Monogatari.
Bercerita tentang seorang profesor bernama Parker Wilson (Richard Gere) yang menemukan seekor anjing Akita. Karena iba, sang profesor membawanya pulang. Istrinya yang awalnya kurang setuju ada anjing dirumah pada akhirnya menerima kehadiran anjing yang dinamai Hachi itu.
Profesor langsung akrab dengan Hachi. Saat profesor ingin berangkat kerja Hachi tinggal dirumah dengan pintu gerbang terkunci. Namun Hachi menggali tanah dibawah gerbang dan keluar lewat lubang yang ia gali dan mengejar sang Profesor dalam perjalanan ke stasiun. Profesor yang menyadari diikuti Hachi menyuruh anjing itu pulang tapi tidak mau. Ia tetap mengikuti Profesor sampai akhirnya Profesor memutuskan mengantar Hachi pulang.
Hachi akhirnya diijinkan mengantar sang Profesor ke stasiun dan menunggunya disana sampai si Profesor pulang pada pukul 5 sore. Hachi yang setia menunggu tuannya itu di depan stasiun mulai dikenal banyak orang dan kerap disapa orang-orang yang melewati stasiun.
Suatu hari sang profesor ditengah-tengah mata kuliah yang ia bawakan terjatuh pingsan karena stroke. Ia akhirnya meninggal. Hachi yang tidak tahu tetap menunggu di depan stasiun seperti biasa. Hachi akhirnya dijemput oleh menantu Profesor dan memutuskan membawa Hachi tinggal dirumah mereka. Sampai suatu saat pintu rumah terbuka dan membuat Hachi langsung kabur keluar. Hachi berlari menuju rumah Profesor yang ternyata sudah dijual dan pergi menuju stasiun. Ia disana duduk ditempat biasa menunggu Profesor. Putri dan menantu Profesor yang sudah tahu kemana Hachi pergi akhirnya datang kembali membawanya pulang.
Hachi yang terlihat sedih itu akhirnya diijinkan putri Profesor untuk pergi. Hachi pun pergi ke tampatnya seperti biasa menunggu profesor dan tinggal direl kereta api lama. Hari berganti hari, malam berganti malam dan musim berganti musim, Hachi tetap menunggu.
Sampai suatu malam Hachi akhirnya terlelap. Selamanya...

Hiks.. T___T

Di Jepang cerita ini populer banget.

Foto asli Hachiko

Untuk mengingat kesetiaan Hachiko pada tuannya April 1934 di Stasiun Shibuya tempat Hachiko menunggu Profesor didirikan patung Hachiko. Dan setiap tahun tanggal 8 Maret *hari meninggalnya Hachiko* diadakan peringatan mengenang Hachiko di Stasiun tersebut yang dihadiri para pecinta anjing.


Wah.. kalau anjing aja begitu setia gimana dengan manusia pada Tuannya yak...;).. ?

Bandung, 3 April 2010

RIP 7 November 2007 : Spike..


*sumber & gambar dipinjam dari wikipedia.org*

2 comments:

JUMP! said...

Film yang menguras banyak air mata T_T..

Ernita said...

setujuuu :o

Post a Comment

Tell me..